desain interior apartemen
Desain Interior: 10 Tips Cerdas Cara Desain Apartemen Studio
08/03/2017
tanaman apartemen minimalis
Yuk Berkebun di Apartemen Minimalis dengan 7 Tanaman Ini!
17/03/2017

Pilih Furniture Apartemen Minimalis untuk Menghemat Ruangan Anda

rak buku

Memilih tinggal di Apartemen merupakan pilihan sebagian besar warga Jakarta saat ini. Faktor kemacetan lalu lintas terjadi hampir setiap waktu di kota besar seperti Jakarta menjadi salah satu alasan, mengapa sebagian warga Jakarta lebih memilih tinggal di apartemen.
Namun risiko yang harus diambil ketika tinggal di apartemen adalah ukuran ruangan yang didapat tidak akan seluas ketika Anda membeli rumah di pinggiran Jakarta. Untuk itu Anda perlu menyiasatinya dengan memilih furniture apartemen yang bisa menghemat ruang apartemen.

5 Kategori Furniture Apartemen Minimalis Meliputi:

1. Penyimpanan Tersembunyi

furniture-apartemen

 

Sebuah apartemen kecil dapat dengan mudah terlihat berantakan. Kapasitas lemari sering terbatas luas penyimpanannya, dan barang-barang tanpa wadah biasanya akan berakhir di tumpukan di lantai dan setiap permukaan lainnya. Solusi penyimpanan yang terlihat seperti kotak, botol dan keranjang semakin menambah berantakan.

Solusinya yaitu gunakanlah penyimpanan tersembunyi. Furniture apartemen ini dapat menyembunyikan semua benda berserakan sehingga membuat ruangan terlihat lebih bersih dan bernuansa minimalis. Hal ini juga membuat elemen desain favorit Anda seperti sofa, lukisan, ataupun artwork menjadi pusat pertunjukan di ruang apartemen.

2. Furniture Apartemen Multifungsi

furniture apartemen

Jika apartemen terlihat terlalu penuh, kembalikan pada kebutuhan dasar Anda dalam menikmati ruang. Bukan berarti Anda harus tinggal di sebuah ruang kosong, artinya Anda harus memilih barang yang bisa memiliki dua fungsi. Beberapa ide untuk furniture apartemen multifungsi meliputi:

  • Meja Ottoman. Meja ini dapat berubah fungsi dari sofa menjadi kursi atau sebagai meja kopi (dengan nampan di atas untuk stabilitas) atau tempat duduk tambahan.
  • Meja tumpuk. Sisi meja ini memiliki ukuran yang dapat dengan ringkas ditumpuk dan tersusun rapi serta tidak memakan tempat, jadi ketika tidak dipakai, meja ini dapat dengan mudah ditumpuk tanpa banyak makan tempat.

3. Sofa Untuk Apartemen

furniture apartemen minimalis

Sofa biasanya adalah sebuah furniture yang paling banyak memakan tempat di apartemen. Solusinya pilihlah sofa yang memiliki kedalaman dangkal yaitu 94 cm atau kurang. Buang jauh-jauh ukuran sofa terlalu besar, hilangkan sofa berlengan karena dapat membuang banyak ruang.
Pilihlah furniture apartemen gaya modern efisien dengan lengan tipis. Mengurangi Ruang lengan berarti lebih banyak tempat untuk duduk; faktanya sebuah sofa tanpa lengan atau kursi berlengan satu adalah solusi utama menghemat ruang duduk.

4. Rak buku

rak-buku

Rak buku adalah furniture penyelamat ketika berada di sebuah apartemen studio. Rak buku memiliki banyak bentuk, warna dan ukuran. Beberapa cara untuk menggunakan rak buku secara kreatif di sebuah apartemen kecil meliputi:

  • Sebagai pembatas ruang, letakkan rak buku di sebuah tempat untuk membagi ruang.
  • Sebagai tempat penyimpanan untuk membersihkan benda-benda berantakan dan membuat ruangan terlihat lebih rapi.
  • Sebagai tempat untuk meletakkan laptop jika rak buku itu hanya setinggi 76 cm.
  • Sebagai meja sarapan atau meja sofa.
  • Sebagai sandaran sofa tanpa lengan bukan meja samping.

5. Aksen warna

furniture-apartemen

Sekarang Anda sudah siap untuk memberikan apartemen Anda sebuah sentuhan pribadi. Tambahkan beberapa warna, tekstur dan hal-hal menarik lainnya akan membuat ruangan tidak tampak seperti pameran furniture.
Hiasi ruangan dengan bahan tekstil seperti bantal di sofa. Pilih bantal dengan ukuran 50 atau 55 cm persegi, yaitu bantal yang bisa berfungsi ganda sebagai bantal lantai. Tambahkan kanvas dinding dan dekorasi dengan warna mencolok.
Terakhir, warna karpet yang tepat akan menghangatkan apartemen Anda sambil menambahkan warna dan pola.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *