rak buku
Pilih Furniture Apartemen Minimalis untuk Menghemat Ruangan Anda
09/03/2017

Yuk Berkebun di Apartemen Minimalis dengan 7 Tanaman Ini!

tanaman apartemen minimalis

Banyak orang berpendapat bahwa bercocok tanam sangat membutuhkan lahan yang luas dan terbuka. Mungkin untuk sebagian tanaman argumen ini benar adanya. Namun siapa sangka, banyak tanaman yang juga dapat tumbuh meski di tempat sempit sekalipun, termasuk balkon apartemen minimalis Anda.

Bagi Anda yang hobi berkebun namun memiliki ruangan sempit, jangan khawatir! Ada banyak buah-buahan dan sayuran segar yang dapat berkembang di balkon apartemen minimalis Anda.

Selain dapat dimakan, beberapa tanaman ini dapat menjadi salah satu ikon penghias ruangan. Apa saja? Yuk simak berikut ini.

1. Alpukat

alpukat sebagai tanaman di apartemen

Siapa bilang di apartemen minimalis tidak dapat menanam alpukat? Anda tetap masih bisa menanamnya dengan memanfaatkan balkon apartemen atau di ambang jendela. Letakkan di tempat hangat dan pastikan memiliki banyak air. Dalam beberapa minggu, Anda harus memiliki jenis pohon baru yang siap tanam. Tempatkan benih berakar dalam sebuah pot dan biarkan dalam tempat yang cerah, penyiraman sering, tapi ringan.

2. Tanaman Herbal

herbal sebagai tanaman di apartemen

Tanaman herbal adalah salah satu tanaman pangan paling mudah untuk dipanen bagi penghuni apartemen. Basil, rosemary, mint, jahe, ketumbar dan peterseli adalah pilihan sangat layak untuk pecinta kuliner yang tidak ingin membayar mahal ketika membeli rempah-rempah di toko.

Sebagian besar perawatan tanaman ini memerlukan sedikit usaha. Simpan pada tempat cerah seperti ambang jendela atau balkon dan siram secara teratur.

3. Tomat

tomat sebagai tanaman di apartemen
Meski ruang apartemen terbatas, ternyata Anda masih bisa menanam tomat! Tomat dapat berkembang di kebun atau dalam pot. Pilihlah pot dengan besar 6 inci (atau bisa lebih besar) yang dapat ditaruh tempat hangat dan mendapat cahaya sekitar 12 jam per hari.

4. Lemon

Lemon sebagai tanaman di apartemen

Tak hanya untuk dikonsumsi, menanam lemon juga dapat dimanfaatkan sebagai pengharum ruangan! Pohon jeruk yang kecil dapat menjadi tambahan yang indah dan wangi pada apartemen minimalis Anda – selama mendapatkan sinar matahari. Lemon sangat bermanfaat jika tahu bagaimana merawatnya dengan benar. Umumnya, tanaman akan membutuhkan 8 hingga 12 jam sinar matahari dan udara lembab untuk berkembang.

5. Wortel

wortel sebagai tanaman di apartemen

Seperti sayuran akar pada umumnya, wortel dapat membuat penambahan yang bagus untuk kotak jendela jika Anda memiliki ruang terbatas. Agar dapat tumbuh, wortel membutuhkan kotak atau wadah sedalam 8 inci dan lebar, serta lubang untuk drainase.

6. Cabai

cabai sebagai tanaman di apartemen

Siapa yang tak kenal cabai? Bagi pecinta makanan pedas, cabai adalah bumbu wajib yang dapat menemani hampir segala jenis makanan. Namun sayangnya, harga cabai seringkali mengalami kenaikan. Nah, untuk mengantisipasinya, Anda dapat menanam cabai di area balkon apartemen.

Dengan memanfaatkan ruang terbatas, tanam cabai pada media pot ukuran minimal 5 liter (jika kurang, hasilnya tak akan maksimal). Simpan di tempat yang terkena sinar matahari dan siramlah secara teratur.

7. Paprika

paprika sebagai tanaman di apartemen

Tanaman indoor mungkin tidak menjadi pilihan terbaik untuk pemilik apartemen studio, seperti paprika yang membutuhkan tanah sampai dua galon untuk tumbuh. Jika Anda memiliki apartemen yang lebih luas seperti pada tipe 2 kamar tidur, tentunya akan memiliki ruang lebih untuk menyimpan tanaman.

Karena warna paprika yang berwarna-warni, juga dapat menjadi hiasan ruangan agar tidak terlalu monoton.

Selain berguna sebagai bahan pangan dan kaya akan manfaat, tanaman-tanaman di atas dapat dijadikan sebagai penghias ruangan pada apartemen minimalis Anda. Namun, lain tumbuhan, lain juga perawatannya. Jadi telitilah terlebih dahulu apa yang Anda butuhkan sebelum menanam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *